?

Log in

belarus

Definisi Schizophrenia

Istilah schizophrenia berasal dari bahasa Yunani yaitu schizein dan phren. Schizen artinya untuk memecah, sedangkan phren artinya pikiran, sehingga dapat diartikan bahwa schizophrenia adalah kekacauan otak yang diartikan abnormalitas dalam persepsi atau ekspresi dari kenyataan. Istilah ini diciptakan oleh Eugen Bleuler (1857 – 1939) pada tahun 1908.

 

 



Schizophrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidak seimbangan dopamine yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respon emosional dan menarik diri dari sosialisasi normal. Pada umumnya penderita mengalami delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsangan panca indera).

Penyakit ini bisa mengenai siapa saja. Biasanya gejala-gejala schizophrenia terjadi pada dewasa muda sekitar 0,4 – 0,6 % penduduk yang terkena dampak. Usia remaja dan dewasa muda memang beresiko tinggi karena tahap kehidupan ini penuh stressor. Kondisi penderita sering terlambat disadari keluarga dan lingkungannya karena dianggap sebagai bagian dari tahap penyesuaian.

Studi menunjukkan bahwa genetika, lingkungan, neurobiology, proses sosial dan psikologis adalah faktor penting yang menyebabkan munculnya gejala. Saat ini psikiater memfokuskan penelitiannya pada faktor neurobiology. Dengan banyaknya kemungkinan gejala kombinasi ada perdebatan mengenai apakah diagnosa kekacauan mewakili satu dari sejumlah ciri-ciri Sindrom tersebut.

Peningkatan dopamine di mesolimbic otak secara konsisten ditemukan pada penderita schizophrenia. Perawatan yang utama adalah memberi obat-obatan antipsikolik, jenis obat ini bekerja dengan mengurangi kegiatan dopamine. Dosis yang digunakan pada awal dekade penggunaan umumnya lebih rendah.

 


Comments

belarus

October 2015

S M T W T F S
    123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
Powered by LiveJournal.com